Sabtu, 13 Juni 2015

Pantai Banyu Tibo

Pacitan kota yang gak akan membuat bosan. Meski mendapat julukan sebagai kota seribu goa, Pacitan juga memiliki deretan pantai-pantai yang cantik. setelah kemarin kita bahas tentang pantai yang di hiasi batu alam nan cantik di sepanjang pantai (pantai pidakan) ada lagi pantai lain dari pada yang lain.
pantai banyu tibo, dari katanya saja dah ketahuan kata yang diambil dari bahasa jawa, banyu artinya air dan tibo artinya jatuh kalo di artikan airnya jatuh.Nama tersebut merepresentasikan keberadaan air terjun yang berada di pantai ini.
Air tersebut jatuh dari atas tebing ke pasir dan mengarah langsung ke laut. Banyu Tibo sendiri merupakan sebuah pantai berpasir putih...
Pantai ini dikelilingi oleh tebing. Di pantai ini juga terdapat banyak batuan karang. Kondisi air di pantai ini juga sangat bersih dan lumayan biru. Tak perlu menunggu berlama-lama untuk segera bercumbu dengan ombak disini (wah bahasanya tinggi ya kak....gak papa lah sekali sekali biar kelihatan pinter....hahaha). Lokasi pantainya berada di bawah tebing sehingga Anda harus berhati-hari saat berjalan menuju pantai ini. Setelah berhasil melewati tebing, udara sejuk khas pantai akan menyambut Anda
hal terpenting adalah rute, rutenya gampang karena rute awalnya itu ikuti rute ke pantai klayar. dari kecamatan punung pacitan jawatimur ke arah goa gong (bisa tanya pantai banyu tibo ke sopir angkot atau masyarakat sekitar pasti tahu karena lokasi ini baru hits di pacitan), terus berlanjut lurus saja ke arah pantai klayar, sesampainya di desa kalak tepatnya sampai pasar kalak ambil ke arah kanan..lurus terus sampai ada pertigaan ada tulisan arah banyu tibo (arah kiri) kalau bingung sesampainya di pasar kalak tanya penduduk lokal rute lokasi banyu tibo sudah rumayan dekat kok..) nanti akan di arahkan ke desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan nahh.. sampai di pantai banyu tibo dech motor dan mobil pribadi bisa sampai di tujuan tetapi jika bus besar hanya sampai di goa gong dan di pindah pakai angkot karena jalur dari goa gong ke pantai klayar dalam tahap perbaikan.