Sabtu, 13 Juni 2015

Pantai Bayutan Pacitan


Wisata pantai Buyutan yang terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur Konon kabarnya, pantai yang sulit dijangkau oleh beberapa sinyal operator seluler ini masih sangat alami dan bersih. Bagi sebagian orang, mereka menyebut pantai Buyutan sebagai
surga dunia yang tersembunyi di Pacitan. Selain pantai Buyutan, di desa Widoro ini juga terdapat dua pantai lagi yang tak kalah cantiknya.
Yaitu pantai Banyu Tibo dan pantai Nampu yang berada bersebelahan dengan pantai Buyutan. Perjalanan menuju pantai Buyutan ini merupakan perjalanan lintas kota lintas provinsi sejauh kurang lebih 250 km ke arah pesisir selatan kabupaten Pacitan bila ditempuh dari Kota Solo. Mengambil rute dari Kota Solo kemudian menyusuri jalanan menuju ke arah Kabupaten Sukoharjo dilanjutkan menyusuri jalan raya di wilayah Kabupaten Wonogiri yang masih masuk provinsi Jawa Tengah.

Setelah dari tugu perbatasan, perjalanan mulai menyusuri jalan yang berada di daerah Ngadirojo, dan melintasi daerah Batu. Dilanjutkan melewati jalan terjal di daerah Donorojo. Jalan menuju pantai Buyutan ini sebenarnya tak jauh beda dengan jalan menuju ke Pantai Klayar. Akan tetapi, ketika sampai di pertigaan pasar Kalak mengambil jalan ke arah barat menuju ke Desa Widoro.

Sesampainya dipertigaan yang ada warung Baksonya. Ambil jalan yang berbelok ke kiri. Jalan yang digunakan untuk masuk ke lokasi pantai cukup berliku-liku dan naik turun. Ditambah lagi, jalan yang menuju ke pantai Buyutan ini sempit dan hanya berlapis cor. Sampailah perjalanan kita di atas tebing tinggi yang menjadi pucuk dari gubuk dan sawah-sawah yang menghampar hijau di sekitar tebing pantai Buyutan. Perjalanan dari atas tebing ke pantai, mata kita disajikan pemandangan hamparan laut selatan yang sangat memukau dan mengagumkan. Hm, akhirnya sampailah kita di pantai Buyutan yang memiliki pasir putih dan karang yang sangat indah dan bersih.

Cukup dengan membayar karcis kendaran Rp. 2000 untuk roda dua, Rp. 3000 untuk roda 4, dan Rp. 4000 untuk mini bus. Mata kita dimanjakan dengan sajikan pemandangan alam yang sangat eksotis. Hamparan pasir putih di tepian pantai menambah cantik pesona pantai Buyutan. Gemuruh deburan ombak pantai selatan tak akan menyurutkan nyali untuk bermain air ditepian pantai. Selain itu, ada sebuah karang yang menyerupai tugu berdiri kokoh menjulang tinggi di tepi pantai.

Di sini Anda tidak perlu khawatir bila kehabisan bekal atau bahkan tidak membawa bekal makanan dari rumah. Di pantai tersebut, kini telah ada warung yang menjajakan makanan dan minuman ditepian pantai. Bagi yang ingin sholat, pantai ini sekarang sudah dilengkapi dengan fasilitas Mushola yang bisa digunakan.

Jika Anda berkunjung ke pantai Buyutan sampai sore hari. Maka, jangan Anda lewatkan untuk melihat momentum matahari tenggelam di atas tebing pantai Buyutan. Sungguh akan mengundang decak kagum yang pada akhirnya mengingatkan kita pada sebuah perenungan. Betapa hebatnya Allah Sang Pencipta. Dia sungguh memiliki kekuatan yang Maha sempurna untuk menciptakan bumi beserta isinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar