Kamis, 11 Juni 2015

Pesona Purnama Puncak Pringgitan


Untuk letak geografis panorama ini adalah didesa Caluk kecamatan Slahung, kabupaten Ponorogo. Sebenarnya gununung pringgitan ini letaknya diperbatasan tiga desa yaitu Caluk, Broto dan Kambeng. Tapi lebih dominan di Caluknya.

Kamu juga bisa mengungkapkan emosi kamu dengan berteriak sekeras mungkin dialam pada ketinggian pegunungan diatas 800 m diatas permukaan laut atau kamu bisa buat kapal terbang dari kertas dan mengudarakannya sambil kamu tulisi apa keinginan kamuatau ungkapan kamu pada kekasih kamu dan pasti nanti …… 
Sebelum melakukan pendakian yang perlu kamu siapkan adalah jaket tebal,tikar atau mini camp, makanan ringan dan air minum. Jangan lupa bagi yang membawa sepeda motor kamu harus cek ban, rem, bensin dan lampu nya. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.Dari kota ponorogo letaknya 27 km kearah selatan pasar Slahung pertigaan belok kanan arah Pacitan 2 km dari situ tepat didepan balai desa Caluk ada pertigaan NYIMPANG kearah kanan Sampingnya kuburan Watu Dakon yang ada tugunya TGP (Tentara Geni Pelajar) yaitu tempat tewasnya para serdadu belanda akibat kecerdikan pejuang kita yang memanfaatkan bom milik belanda.Hingga pemerintah belanda mendirikan tugu disana untuk mengenang para tentaranya. Kamu yang ingin mendaki perkirakan jam 7 kamu sudah sampai didesa caluk ini.Bagi sobat muda petualang yang kesana dengan menggunakan sepeda motor kamu bisa menitipkan motor kamu didepan balai desa dan jalan kaki ramai-ramai sama teman tapi masih 3 km jalan naik dan pasti jalannya terang karena dibawah bulan purnama.Namun lebih baik motor kamu bawa aja keatas karena kejauhan jalannya.Tenang aja sekarang jalannya sudah aspal kok hee.hee tapi Cuma sekitar satu kilo selanjutnya jalan berbatu. Hati-hati pake helm untuk keselamatan. Sebenarnya untuk menjangkau puncaknya ada dua jalur yaitu perembatan banggel belok nganan kemudian kebarat dan yang satunya jalur ini. 
OK sobat jika masih bingung Tanya aja … tenang ! masyarakat sana ramah-ramah kok. Setelah kamu menempuh perjalanan naik sekitar 1 jam setengah kamu akan sampai di kakinya, disini kamu akan melalui beberapa perkampungan atau dusun yang diantaranya Pamongan, Theklik, kapuran,joso dan beberapa kampung lagi. Kamu tidak bisa mencapai puncaknya dengan sepeda motor tapi harus menitipkannya dibawah/tempat perkampungan warga, disitu ada tempat parkirnya sekaligus pos jaga, ada musholanya juga.Dari situ kamu jalan kaki sekitar 300 m melewati rerimbunan pohon Pinus. 
Larangan-larangan yang harus ditaati dan diperhatikan yaitu dilarang merusak alam baik berupa apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar